Sosok yang Kupanggil ‘Aku’

gerbang sr, kamis, 26 maret 2009, waktu makan malam. datang sms dari temanku yang isinya ‘perintah’ untuk mengunjungi blognya. katanya di sana ada tugas untukku. esoknya baru kubuka halaman itu. ternyata aku di-tag untuk sedikit bercerita tentang sosok yang kupanggil ‘aku’. maafkan karena baru bisa menulis sekarang..

Okay, here’s the rule :

Use Google Image to search the answers to the questions below.

Then you must choose a picture in the first page of results,

and post it as your answer.

After that tag 7 people.

::the age of next birthday::

22tahunbulan mei nanti genap usiaku 22 tahun. ada yang berkata bahwa umur kepala 2 adalah jaman keemasan seseorang. lain lagi psikolog menyampaikan bahwa manusia mulai masuk fase dewasa pada tahun ke-22. let’s see how far i’ll come..

::place i’d like to travel::

banyak. okelah kubuat aturan penulisan disini. jika ada banyak jawaban maka hanya kuambil tiga saja..

surgatempat pertama tentu saja: surga. sangat ingin bersua dengan para nabi, syuhada, shiddiqin, dan shalihin disana. juga bertemu dengan Rabb. amin..

inggrisaku mau ke eropa. mempelajari teknologi. memandang dunia. jika dipilih satu negara maka aku pilih inggris: negara kerajaan, negara sepakbola..

aqsayang ketiga yaitu al-aqsa. setelah sebelumnya -alhamdulillah- berkesempatan ziarah ke tanah suci makkah kemudian madinah (baca: Petualangan di Tanah Haram), kini sisa satu tanah suci lagi yang ingin kuziarahi: palestina/jerusalem/al-quds, kota sejarah para nabi, medan perang para mujahid..

::a favourite place(s)::

masjid-salmanmasjid salman: tempat yang selalu ada di hatiku. disinilah berbagai pencerahan kuperoleh. saat beribadah, saat beraktivitas, saat berukhuwah, saat menyendiri (lebih tepatnya berdua bersama Allah atau bertiga bersama al-qur’an), saat belajar-mengajar, saat tidur, pun sekadar saat melepas lelah di sela-sela kegiatan. masjid kampus, masjid kader, masjid peradaban: tempat yang membuka wawasanku tentang islam..

::a favourite food(s)::

rotiroti (dan variasinya). panganan kesukaanku. dari mulai sebagai menu utama sampai berstatus cemilan. beruntung pula ibuku pandai membuat kue termasuk roti.

::a hobby::

sesuai aturan akan kuambli tiga hal sebagai hobby..

perpustakaanbuku. membaca, mengoleksi, atau sebatas melihat-lihat di toko buku/pameran. media interaksiku dengan si pengarang (terutama ulama). aku hanya tertarik pada non-fiksi (novel yang kupunya hanya dua: musashi dan taiko). koleksiku yang terbanyak adalah buku islam kemudian buku kuliah baru kemudian buku umum. ingin punya perpustakaan pribadi yang besar (sekarang baru bisa punya banyak ebook). analoginya seperti petani memiliki sawah yang luas siap panen. panen ilmu. kalaupun tidak sempat baca semua bisalah untuk keluarga atau teman. dan suatu saat aku juga ingin menulis buku..

sepakbolasepakbola. main atau sekadar nonton. yang aneh adalah diantara saudara-saudara kandungku, hanya aku saja yang suka sepakbola. konon ceritanya sewaktu aku masih dalam perut, orangtua tiba-tiba sangat menggemari sepakbola karena aksi seorang diego maradona di piala dunia 1986..

gitar1musik-bermain gitar. hobby yang mulai kugeluti sejak kelas 3 smp. lalu pada masa sma sempat nge-band dan tampil di acara pensi. tapi sewaktu kuliah aku agak pensiun dari hobby ini..

::nickname i had::

imultentang nama panggilan ini cukup menarik. di keluarga aku dipanggil ‘imam’. lain halnya jika di kalangan teman-teman. dari tk sampai kelas 1 smp aku masih dipanggil ‘imam’. berubah saat kelas 2 smp karena waktu itu ada teman yang juga bernama ‘imam’. untuk membedakan jadilah aku disapa ‘mul’ yang berkembang jadi ‘imul’ atau ‘mamul’. nickname itu bertahan hingga sekarang, walaupun sebagian ada juga yang menyebutku dengan nama ‘imam’..

::a favourite color(s)::

abu-abuabu-abu. bukan untuk kesan ‘suram’, tapi untuk kesan ‘elegan’..

::college major::

elektroteknik elektro institut teknologi bandung. lebih dalamnya, di bidang elektronika. lebih spesifik lagi, di ranah mikroelektronika ic analog dan digital..

::a favourite thing::

al-quran1al-qur’an. untuk semua harap, untuk semua getar, untuk semua tangis, untuk semua ketenangan, untuk semua inspirasi, untuk semua solusi, untuk semua jawaban, untuk semua ilmu, untuk semua obat, untuk semua kisah, untuk semuanya. aku sangat berterima kasih kepada guru-guruku, teman-temanku, dan murid-muridku dalam berinteraksi dengan al-qur’an..

::a bad habit::

bantalketika mulai jenuh saat bekerja, biasanya aku berbaring sambil memeluk bantal. memikirkan hal lain, membuat konsep, mengingat pengalaman, merencanakan kegiatan, merenung, mencari motivasi, atau memugar mimpi. tapi kemudian yang sering terjadi adalah: ketiduran! kesal rasanya..

::my wish list::

lagi, dari sekian banyak akan kupilih tiga..

perusahaanmendirikan institusi. pertama, perusahaan elektronika: teknologi untuk kemajuan dan kesejahteraan indoneyayasansia. kedua, yayasan pendidikan dan pesantren: melahirkan generasi yang bertaqwa dan berprestasi..

62-nasihat-membina-keluargaimpian sederhana setiap ikhwan/lelaki: memimpin rumah tangga. kemudian berkembang menjadi mentarbiyah/membina keluarga dan masyarakat..

jihad-sepanjang-zaman-kecilyang ini mungkin kesimpulan dari semua cita-citaku: jihad dengan ilmu dan harta. berharap bisa jadi salah satu batu bata pembangun menara kejayaan peradaban islam dan indonesia..

4 Comments

Filed under Diary

4 responses to “Sosok yang Kupanggil ‘Aku’

  1. udah selese ya..
    keren keren…
    kayaknya semua orang punya bad habit yg hampir sama ya: TIDUR atau TERTIDUR..

  2. hmm,
    kalo ditengok lagi sebenernya ‘bad habit’-nya bukan si tidur itu,
    tapi ‘baring sambil mikir’ pas refreshing dari kejenuhan kerja yang akibatnya jadi tertidur..

    sedang membiasakan refreshing dengan metoda lain🙂

  3. gustav

    he he ada yang ga nyambung mas… cita2 pengen jihad dengan harta dan ilmu, tapi gambarnya jihad dengan fisik (senjata). Mana yang bener nih.. he2. Menurut mas immul, yang disebut jihad itu dengan senjata atau tidak? Makasih..

  4. @gustav
    ini gustav divkom?

    jihad itu secara bahasa kan “berusaha bersungguh-sungguh mengerahkan potensi yang dimiliki.”
    secara syari`atnya, jihad itu ‘diakui’ jika tujuan usaha tersebut adalah untuk menegakkan Islam.

    jadi perjuangannya disesuaikan dengan potensi kita dan kondisi sekarang. bisa dengan teknologi untuk menyokong peradaban Islam. bisa dengan harta untuk membangun infrastruktur dan mendanai kebutuhan ummat. bisa juga dengan senjata jika memang kelak ada peperangan fisik dan kita memiliki kekuatan untuk ikut serta.🙂

    tentang gambar. itu kan syaratnya harus search dari google image. adanya gambar itu doang.😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s