Main Synopsys, di Himpunan, Sendiri..

Judul di atas adalah status messanger saya yang aktif di malam (eh, pagi) ini..

01.30 dini hari, lima jam sudah saya duduk di depan komputer melakukan simulasi di program Astro dari software Synopsys (yang konon harga lisensinya mencapai seratus juta rupiah per tahun)..

Yang saya tau, software Synopsys digunakan untuk perancangan IC digital. Ada dua program dari Synopsys yang sampai sekarang sudah saya pakai: Design_Vision dan Astro. Design_Vision berfungsi untuk mengubah koding HDL (Hardware Description Language) ke gate level sedangkan Astro digunakan untuk melayout gate level hasil kompilasi Design_Vision..

Lucu juga jika melihat gambar-gambar layout yang muncul selama proses pengerjaan. Tak disangka bahwa ternyata gambar-gambar itulah yang akan menjadi IC yang selama ini familiar. Sekarang saya sedang mengerjakan IC memori (RAM)..

Well, sebenarnya saya tidak mengerjakan dalam arti sebenarnya. Saya hanya mengikuti modul ‘Synopsys Customer Education Services’ bagian ‘Astro 1 Workshop Lab Guide’. Banyak juga yang belum dimengerti tentang prosesnya (jika sudah mengerti mungkin akan saya tulis lebih lengkap disini). Tapi biarlah, karena ini juga tugas mata kuliah ‘Perancangan Sistem VLSI’, jadi ‘agak’ terpaksa mengerjakannya. Jika belum tau apa itu VLSI, informasinya bisa diperoleh dengan bertanya kepada ustadz Google. Yang jelas, VLSI merupakan kependekan dari ‘Very Large Scale Integrated Circuit’..

Berhubung software ini hanya terinstall pada tiga server di lab IC Design PAU (Pusat Antar Universitas) ITB, maka saya harus mengaksesnya dari dalam ITB juga. Saya mengakses server tersebut dengan remote SSH menggunakan PuTTY plus interface X-Win32 (karena servernya berbasis UNIX, sedangkan komputer yang saya pakai berbasis Windows). Alhasil saya harus begadang di kampus, tepatnya di sekre Himpunan (tempat saya biasa mengakses internet), di bilik Divisi Komputer (DIVKOM)..

Saya sudah mengerjakan 5 dari 8 modul yang ditugaskan. Tiga modul sisa akan saya teruskan besok. Selamat malam semua! Good nite! Have a nice dream!

Backsound: Mata Dewa – Iwan Fals

Leave a comment

Filed under Diary

Leave a Reply

